Jumat, 19 Februari 2016

PILIH GADGET ATAU MAINAN EDUKATIF?

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, saat ini masyarakat kita tidak bisa dipisahkan lagi dengan yang namanya internet dan gadget, dengan adanya gadget dan internet yang mudah diakses kita akan mendapatkan informasi yang mudah dari belahan dunia yang lain, sehingga arus informasi pun akan dengan mudah kita dapatkan. jika dicermati secara seksama para pengguna gadget mulai dari usia remaja sampai dewasa bahkan banyak anak-anakpun yang sudah mulai menggunakan gadget.
Pertanyaannya adalah apakah tepat kita memberikan gadget kepada anak? Gadget yang digunakan oleh anak-anak biasanya diberikan oleh orangtua dengan tujuan agar anaknya mengenal teknologi sejak dini agar tidak gaptek maupun karena alasan agar anaknya anteng tidak rewel dan tidak menggaggu aktivitas orangtuanya. Apapun alasannya, keputusan memberikan gadget kepada anak-anak dianggap tidak tepat karena terdapatnya efek negatif dari gadget terhadap anak-anak. Efek negatif ini ada yang berjangka pendek dan ada yang berjangka panjang.
mainan edukatif anak

Beberapa efek negatif yang dihasilkan dari penggunaan gadget oleh anak-anak:

1.      Bahaya radiasi. Menurut sebuah penelitian, paparan radiasi dari gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Radiasi yang dihasilkan gadget sangat beresiko mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan otak dan sistem imun anak.
2.     Menyebabkan kecanduan. Hal ini tentunya akan berdampak negatif terhadap perkembangan fisik dan motorik anak baik motorik halus maupun motorik kasar anak. Ketika si kecil asik bermain gadget biasanya mereka akan lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan mereka terganggu. Selain itu, kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga lebih cenderung memiliki sifat tertutup dan tidak bersosialisasi karena mereka terbiasa dengan gadget yang sifatnya satu arah.
3.     Hambatan terhadap perkembangan.Anak-anak yang memiliki ketergantungan dengan gadget cenderung akan mengalami hambatan dalam proses tumbuh kembangnya. Hal ini karena anak-anak yang asyik bermain gadget jarang bergerak sehingga metabolisme tubuhnya mengalami penghambat yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan perkembangannya.
4.     Penyakit mental. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol dan terus menerus bisa menjadi salah satu pemicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar dan autis.
5.     Gangguan tidur. Sebaiknya kita tidak memberikan gadget pada anak di malam hari karena hal ini bisa mengakibatkan gangguan pola tidur sehingga berdampak terhadap tumbuh kembangnya. Permainan game di dalam gadget biasanya membuat anak lebih asik sehingga waktu tidurnya terganggu. Dalam hal ini peran penting kita sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget.
6.     Obesitas. Efek negatif yang lainnya dari kecanduan gadget adalah beresikonya anak mengalami kegemukan atau obesitas, hal ini disebabkan karena anak cenderung kurang bergerak sehingga menimbulkan tertimbunnya lemak dalam tuuh secara berlebihan.
7.     Perilaku agresif. Karena kemudahan dalam mengakses internet maupun konten permainan yang ada digadget mengandung konten yang tidak baik seperti perkelahian, pembunuhan vandalisme maupun perilaku negatif yang lainnya sehingga akan membuat anak menirukan adegan-adegan tersebut.
Sebagai orang tua yang bijak sudah selayaknya kita menyikapi penggunaan gadget pada anak-anak. Jika anak sudah mulai kecanduan penggunaan gadget, maka sudah mulai saatnya kita bertindak secepat mungkin melakukan pencegahan dan kontroling yang ketat, misalnya dengan melakukan pengawan terhadap penggunaan gadget maksimal dua jam dalam sehari, mengeontrol konten materi yang menjadi tontonan anak di gadget jangan sampai anak menyaksikan adegan yang memicu mereka unruk agresif maupun adegan yang ga layak.
Melihat dari efek negatif dari gadget tersebut, sudah saatnya kita mulai teliti dan bijak dalam memiliki mainan yang layak sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang tumbuh dan perkembangan anak ke arah yang lebih baik.
Mainan edukatif merupakan pilihan yang tepat yang bisa dijadikan pilihan para orang tua dalam memberikan mainan untuk anaknya. Mainan edukatif memiliki fungsi dan manfaat yang luar biasa. Sebelum memutuskan untuk membeli mainan edukatif ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya: Pilihlah mainan yang dibuat dari bahan yang sifatnya aman untuk anak-anak, perhatikan jaminan bahwa pewarna yang digunakan adalah cat yang tidak beracun,dan tentunya pilihlah mainan yang sudah memiliki sertifikat SNI dari pemerintah Indonesia.
GRIYAMAINAN.COM merupakan produsen mainan edukatif yang konsen dalam bentuk mainan edukatif dari kayu. Bahan yang kami gunakan adalah kayu berkualitas dan di cat dengan menggukan cat yang tidak beracun sehingga aman ketika digunakan oleh anak-anak dan tentunya produk griyamainan sudah tersertifikasi SNI. Tujuan dari didirikannya griyamainan adalah untuk menjadikan anak-anak Indonesia cerdas dan kreatif melalui mainan edukatif.
Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar