Jumat, 19 Februari 2016

CARA JITU MENGATASI KECANDUAN GADGET PADA ANAK

anak kecanduan gadget
Gadget memang memiliki manfaat yang banyak, dengan gadget dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan maupun yang lainnya seperti berjualan online, apdet status di sosial media, blogging maupun cuma sekedar browsing di internet untuk mencari informasi terbaru saja. 

Penggunaan gadget oleh orang dewasa sudah biasa karena orang dewasa cenderung bisa memilah konten yang diperlukan olehnya, akan tetapi bagaimana halnya penggunaan gadget oleh anak-anak? kira-kira bahaya atau ngga sih penggunaan gadget oleh anak-anak? Tidak sedikit anak-anak yang menjadi kecanduan dalam penggunaan gaget dikarenakan kurangnya kontrol dan pengawasan dari orang tua. Kecanduan gadget dikalangan anak-anak sangat berbahaya dikarenakan dampak negatif yang akan ditimbulkan. Efek negatif dari gadget terhadap anak-anak. 

Berikut beberapa cara mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak:


1. Hindari memperkenalkan gadget di usia dini

Saat ini tidak sedikit anak-anak yang lebih mahir dalam penggunaan gadget dibandingkan orang tuanya. Anak-anak adalah individu yang sangat mudah mencerna dan memahami hal baru diantaranya gadget jadi tidak heran jika ada anak kecil yang lebih mahir dalam penggunaan gadget. Hal ini disebabkan karena kurang kontrolnya orang tua dalam penggunaan gadget oleh anak-anak. Maka dari itu, sebaiknya gadget diperkenalkan pada anak ketika sudah mengerti dan bisa membedakan mana yang baik atau tidak. Jangan memperkenalkan gadget pada anak di usia yang masih terlalu dini karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan tumbuh kembangnya.

2. Berikan pemahaman
Berikan pemahaman kepada anak-anak mengenai bagaimana cara yang benar dalam menggunakan gadget. Pada intinya berikan pengarahan supaya anak tidak menggunakan gadget dalam waktu lama nasihati si kecil secara perlahan dan jangan memaksanya untuk menghinari gadget karena justru anak semakina membuatnya penasaran.

3. Jadilah contoh yang baik
Jangan hanya melarang saja, namun Anda juga harus menjadi contoh yang baik bagi anak. Ketika di rumah, sebaiknya Anda jangan terlalu lama atau terlalu asik bermain gadget. Contoh nyata nampaknya akan lebih mudah untuk ditiru oleh anak sehingga secara perlahan akan enjadi kebiasaan baik yang terus berlanjut hingga si anak tumbuh dewasa.


Dari tiga poin di atas mengenai cara menangani kecanduan gadget pada anak-anak, titik beratnya adalah peran orangtua dan orang dewasa lain yang bersentuhan dengan anak-anak harus mampu memberikan edukasi mengenai manfaat gadget kepada anak-anak dengan tidak mengandalkan gadget sebagai pengalih kebisingan atau keaktifan anak supaya anak menjadi anteng dan tenang. Jika hendak memperkenalkan gadget kepada anak-anak hendaklah damping anak dalam menggunakannya agar kontroling tetap ada dari orang tua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar